Partai……..

Posted: Januari 28, 2009 in Negeriku.......
Tag:,

Ada si Mbah yang sedang mengajak cucunya bersepeda ria, berkeliling kota. Tiba tiba sang cucu sambil menunjuk pada poster caleg yang terpasang dipojok jalan, bertanya : “eh, mbah, partai itu apa seh ?”
Tanpa melihat poster yang dimaksud dan terus menatap jalanan, si mbah menjawab : “weleh le, partai itu artinya borongan. Itu lihat dipasar kadang dipasang spanduk dengan tulisan :dijual segudang kotak suara, partai maupun eceran“.
Lha yang beli secara borongan itu le, namanya pemborong. Pemborong itu maunya ya nyari untung soalnya mau dijual lagi pada pihak lain.

Tiiieeeeng………………….
Weeh, jawaban si mbah ga nyambung ya. Tapi kalau dipikir pikir buat apa ya kita punya banyak partai yang jumlahnya sampai puluhan ?Apakah karena memang pingin menyemarakan pesta demokrasi atau mungkin karena udang dibalik batu, ada faktor ekonomi ?

Banyaknya jumlah partai sepertinya hanya akan menambah derita. Biaya kartu suara akan membengkak karena ukurannya jadi jumbo. Negara kena getahnya, karena APBN jadi melar. Pemilih kena susahnya karena harus melotot extra untuk mencari sang idola. Sementara KPU dibuat agak pusing dalam menyusun jadual kampanyenya.

Buat apa banyak partai kalau barang dagangan yang dikemas serupa, kalau issu yang diangkat tak jauh beda ?

Seiring naiknya sang surya, sang cucu nampak menyeringai, nampak mengernyitkan dahi, terlihat garuk garuk kepala. Entahlah apa dia masih ga mengerti tentang arti sebuah partai atau barangkali kepala digaruk karena sudah
seminggu rambut ga dicuci………….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s