Rahasia

Posted: Maret 10, 2009 in xpresi

Kita semua pasti tahu apa yang dimaksud dengan rahasia. Yah, segala sesuatu yang tidak semua orang boleh mengetahuinya. Dalam wujudnya rahasia ini bisa berupa suatu aib, bisa berupa rahasia dagang, bisa berupa potongan sejarah suatu bangsa, perintah komando dan bisa juga suatu resep atau formula dsb.
Terlalu panjang bila diuraikan satu persatu.

Potongan sejarah suatu bangsa ?
Mungkin ada yang bertanya demikian. Yah, hal itu memang ada. Ingat dengan kasus penembakan John F. Kenedy ? Data-data yang terkait dengan penyelidikan kasus tersebut dikemas rapat-rapat, dipeti eskan selama jangka waktu tertentu sebelum akhirnya publik boleh mengetahuinya. Barangkali begitu cara bangsa Amerika melindungi kepentingan nasionalnya agar tak terjadi “perang saudara”.

Dinegeri kita peristiwa Super Semar juga menjadi suatu misteri tersendiri. Banyak yang merasa penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi, saat terjadi pertemuan di istana Bogor 44 tahun silam. Banyak yang menduga telah terjadi kudeta secara halus sehingga Sukarno harus kehilangan kekuasaannya. Tapi jawaban atas dugaan diatas sepertinya telah terkubur bersama para tokoh yang terlibat. Sukarno, Suharto, Amir Machmud, Basuki Rachmat dan M. Jusuf, semuanya telah tiada.

Rahasia yang berbentuk perintah komando bisa ditemukan salah satunya dalam adegan pendaratan Sekutu di pantai Normandia saat perang dunia ke 2.
Pasukan Jerman tak menyangka bahwa hal itu akan terjadi. Demikian juga dinas rahasianya gagal mengendus rencana Sekutu.
Alhasil rahasia tersebut sedikit banyak telah mempercepat kekalahan Jerman.

Dunia yang paling banyak menyimpan rahasia tentunya dunia spionase sehingga hampir bisa dipastikan semua negara punya dinas yang mengurusi segala hal yang dirasa perlu dirahasiakan.
Begitu kompleksnya rahasia yang ada sehingga suatu hal yang tergolong rahasia perlu di “scan” guna memastikan tingkat kebocoran rahasianya. Ada agen spionase yang bertugas sebagai kontra spionase.
Dalam drama perang Arab- Israel, sungguh Suriah tak menyangka bahwa Eli Cohen, seseorang yang pernah dicalonkan sebagai menteri pertahanan, adalah seorang mata-mata, seorang agen Mossad, dinas rahasia Israel.

Dunia spionase ini juga melahirkan sebuah film yang berkisah tentang petualangan agen spionase yang legendaris, yakni serial James Bond.
Seorang tokoh fiktif berpangkat letkol yang berdinas di M16.

Rahasia yang terkait dalam institusi perdagangan salahsatunya bisa berupa serial number suatu software. Tujuannya jelas agar hanya orang yang berhak, orang yang sudah membeli, yang bisa meng install dan menjalankan aplikasi tersebut.
Yah, sayangnya [dan sekaligus untungnya bagi sebagian orang] hal itu tidaklah berlangsung mulus. Program semacam keygen bisa memaksa sebuah aplikasi meski mungkin berjalan kurang sempurna.

Bagaimana dengan diri kita ?
Sedikit banyak kita pasti punya sesuatu yang pantas dirahasiakan. Mungkin itu berupa skandal, cacat tubuh, usia, pekerjaan atau apa saja. Dan seiring dengan perkembangan jaman, dengan kemajuan teknologi, tanpa disadari apa yang menjadi rahasia kita bisa dihack oleh orang lain dan menjaga suatu rahasia menjadi begitu sulitnya.

Salah satu drama atau lebih tepatnya tragedi dalam hal rahasia pribadi adalah tewasnya Lady Di bersama Doddy Al Fayed disuatu terowongan di Paris saat dikejar oleh sekumpulan paparazi, orang yang “hobby”nya mengintip rahasia orang lain.

Pernah nonton reality show dengan tajuk orang ketiga ?
Itu sebuah tayangan disalah satu televisi swasta yang punya kualifikasi dalam hal mengobok obok rahasia seseorang.

Ssttt, jangan bilang bilang siapa siapa ya ?, begitulah sebuah “doa penutup” yang biasa didendangkan apabila ritual berbagi rahasia menjelang usai. Dan doa itu bergulir kesegala penjuru, dari mulut ke mulut.
Kuncinya : jangan mudah percaya. Kalau anda punya rahasia dan merasa “kewalahan” untuk menyimpan seorang diri, lebih baik diposting saja……………..sssttt, disini aman kog, cuma ada saya, cuma ada teman saya, cuma ada temannya teman saya……….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s